Categories
Pendidikan

Sistem Perbankan Syariah Di indonesia

Sistem Perbankan Syariah Di Indonesia

Sistem Perbankan Syariah Di Indonesia

Lembaga – Lembaga Keuangan yang beroperasional

dalam syariah Islamdikatakan sebagai suatu usaha untuk merealisasikan prinsip-prinsip ekonomiIslam dalam aktivitas masyarakat secara nyata. Hal ini diungkapkan oleh SyukuriIska dalam bukunya Sistem Perbankan Syariah di Indonesia dalam Perspektif Fikih Ekonomi.

Dalam dunia kemahasiswaan bidang Ekonomi Islam sudah tidak asing lagi terdengar mengenai wacana pelaksanaan bank syariah di Indonesiayang masih belum murni syariah, dengan konsep yang belum sepenuhnyaditerapkan dengan baik, akan tetapi dengan dioperasionalkannya bank-bank syariah di Indonesia diharapkan dapat mewujudkan sistem ekonomi yang tidak hanya mencari keuntungan semata, tetapi lebih dari itu, pencapaian manfaat dapatlebih menyeluruh kepada kepentingan masyarakat dan sosial yang sesuai denganajaran Islam. Dan kembali diharapkan prinsip ekonomi Islam dapat direalisasikandalam aktivitas nyata.

Perbandingan yang ada antara aktivitas bank syariah dengan aktivitas bank konvensional, mekanisme operasional bank syariah sangat jauh berbeda dengan bank konvensional.

 

Bank Syariah memiliki karakter tersendiri yang tidak dimiliki oleh Bank Konvensional diantaranya:

  • Berdimensi keadilan dan pemerataan
  • Bersifat mandiri
  • Persaingan secara sehat
  • Adanya Dewan Pengawas Syariah (DPS)
  • Adanya unit pendapatan berupa pendapatan tidak halal
  • Adanya produk khusus yaitu kredit tanpa beban yang bersifat sosial.

Jika dianalisis dalam pembagian golongan sistem bank syariah, Indonesiamerupakan negara yang termasuk dalam dua kategori, yaitu dual system dengansistem perbankan syariah yang beroperasi sejalan dengan sistem konvensional dan sistem conventional plus yaitu sistem perbankan yang pada dasarnyakonvensional dengan beberapa institusi banknya yang beroperasi secara syariah.Pelaksanaan sistem perbankan syariah di Indonesia dipandang dari sisi peraturantelah diatur dengan peraturan khusus perbankan syariah sebagaimana pernyataanUU No. 10/1998 tentang perbankan secara rinci mengenai asas, fungsi dan aturan perbankan di Indonesia.

 

Asas Pelaksanaan Bank Syariah

Pelaksanaan bank syariah berdasarkan dua asas, yaitu

  • asas falsafah dan
  • asas pengoperasian.

Dalam asas falsafah bumi dan segala isinya adalahamanah dari Allah dengan petunjuk melalui rasul Allah mengenai aqidahakhlak dan syariah. Akidah dan akhlak sifatnya konsisten dan tidak berubahseiring perubahan jaman. Sementara komponen syariah dapat berubahtergantung keperluan dan tingkat peradaban umat. Dapat disimpulkan bahwadasar falsafah keseluruhan dalam aktivitas perbankan adalah untuk mencarikeridhaan Allah demi memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Olehkarena itu pelaksanaan bank syariah di Indonesia harus dihindarkan dari hal-hal yang keluar dari jalur aturan Islam.

 

Sumber : https://materi.co.id/