Categories
Agama

Niat Ketika Hendak Shalat Witir Dan Shalat Tarawih Saat Bulan Ramadhan

Niat Ketika Hendak Shalat Witir Dan Shalat Tarawih Saat Bulan Ramadhan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh? Tahukah Anda jika pada bulan ramadhan selain shalat lima waktu yang wajib kita juga disarankan untuk melaksanakan shalat sunnah witir dan tarawih? Shalat sunnah yang dikerjakan setelah shalat isya dan dilaksanakan secara berjamaah di masjid pada umumnya. Dan apakah Anda telah hafal Niat Ketika Hendak Shalat Witir Dan Shalat Tarawih Saat Bulan Ramadhan?

Selain itu kita juga sebagai umat muslim pada saat menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan dianjurkan untuk memperbanyak amal dan ibadah dengan berbagai cara yang baik tentunya. Hal ini disarankan agar kita dapat benar benar menjalankan puasa kita dengan baik dan insya Allah berkah.

Meskipun sebenarnya tidak hanay harus dibulan ramadhan saja kita mesti berbuat baik dan memperbanyal amal dan ibadah. Namun selama bulan ramadhan seperti yang kita ketahui sebagai umat Islam adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan rahmat berlimpah dari Allah SWT kepada hambanya.

Bukan hanya dengan satu macam kebaikan saja, namun ada banyak kebaikan kebaikan yang dapat kita lakukan selama bulan ramadhan. Seperti misalnya menyantuni anak yatim, fakir dan miskin, dan masih banyak lagi hal baik lainnya yang dapat kita lakukan selama berpuasa dibulan ramadhan.

Demikian juga mengenai shalat sunnah saat bulan ramadhan, ada dua macam shalat sunnah yang sering dilaksanakan secara berjamaah dimasjid setelah shalat isya. Ialah shalat witir dan shalat tarawih, yang juga dianjurkan untuk mengerjakannya selama bulan ramadhan.

Seperti layaknya shalat sunnah yang lain, untuk mengerjakan shalat witir dan shalat tarawih juga diperlukan untuk membaca niat sebelum memulainya. Bagaimanakah Niat Ketika Hendak Shalat Witir Dan Shalat Tarawih Saat Bulan Ramadhan tersebut? Simak uraiannya berikut ini :

Niat Shalat Tarawih Untuk Imam Dan Makmum

Niat shalat tarawih sebenarnya sama, hanya yang membedakannya adalah peruntukkannya bagi imam dan juga bagi makmum. Itu artinya dalam niat tersebut kita berbeda peruntukkan yang terletak pada ucapannya sebagai imam atau sebagai makmum. Simak penjelasannya dibawah ini :

Niat Shalat Tarawih Untuk Imam :

Bismillahirohmanirrohim

Niat diatas diperuntukkan ketika kita melaksanakan shalat tarawih sebagai imam. Namun berbeda niat jika kita melaksanakan shalat tarawih sebagai makmum. Simak niatnya berikut :

Niat Shalat Tarawih Untuk Makmum :

Bismillahirohmanirrohim

Niat diatas diperuntukkan ketika kita melaksanakan shalat tarawih sebagai makmum. Untuk rakaat dalam shalat tarawih sendiri berbeda beda tergantung pada tempatnya. Ada yang mengerjakan tarawih 8 rakaat saja, ada yang sampai 20 rakaat. Namun bukan berarti itu adalah sebuah perpecahan, hanya saja hal tersebut memang sudah berdasarkan dalil tentang pengerjaan shalat tarawih ini. Simak penjelasannya berikut :

Bismillahirohmanirrohim

Namun perlu Anda garis bawahi bahwa dalam mengerjakan shalat tarawih tersebut berapapun jumlah rakaat yang dikerjakan, baik itu 8 rakaat maupun sampai 20 rakaat, niat yang dilafadz kan tetaplah sama sesuai dengan peruntukannya masing masing.

Sejatinya shalat tarawih juga sama dengan shalat sunnah yang lainnya, yaitu hanya dua rakaat saja. Namun umumnya pengerjaan shalat tarawih ini secara berjamaah dilakukan dengan penambahan jumlah rakaat sesuai dengan kemampuan imam dan makmum yang telah bersepakat lebih dahulu.

Setelah mengerjakan shalat tarawih secara berjamaah, maka kemudian akan kita bahas mengenai shalat witir. Shalat witir juga disunnahkan untuk dikerjakan selama bulan ramadhan, dengan pengerjannya biasanya rakaat shalat ini ganjil.

Seperti juga shalat tarawih, shalat witir pun memerlukan niat sebelum melakukannya. Bagaimanakah niat dari shalat witir tersebut? simak dibawah ini :

Niat Shalat Witir Sesuai Rakaat Pengerjannya :

Bismillahirohmanirrohim

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Niat Ketika Hendak Shalat Witir Dan Shalat Tarawih Saat Bulan Ramadhan. Terus ikuti artikel kami yang lainnya, tentu saja dengan berbagai pembahasan yang menarik untuk dibaca. Juga telah kami rengkum sedemikian rupa dengan rangkaian bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Selain membahas mengenai berbagai Ilmu Pengetahuan Tenses.co.id juga menyediakan berbagai pengetahuan tentang Agama Islam yang pastinya menarik untuk disimak. Kmaipun berharap apa yang kami bahas dapat memberikan manfaat yang baik untuk kita semua, amin. Kami akhiri disini dan selamat membaca kembali, Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.