Categories
Pendidikan

Definisi dan Peran Guru

Definisi dan Peran Guru

Definisi dan Peran Guru

Definisi Guru

Teachers by Law 14 “2005 adalah pendidik profesional dengan tugas dasar mendidik, mengajar, mengarahkan, mengarahkan, melatih, mengevaluasi, dan mengevaluasi siswa anak usia dini melalui pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.”


Peran guru

Pakar pendidikan di Barat melakukan penelitian tentang peran guru yang perlu bertindak. Pullias and Young (1988), Manan (1990) dan Yelon and Weinstein (1997) mendefinisikan dan meninjau berbagai peran guru.


Peran Guru sebagai pendidik

Guru adalah pendidik yang telah menjadi sosok, panutan dan identitas bagi siswa dan lingkungan mereka. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup tanggung jawab, wewenang, dan disiplin.
Mengenai otoritas, guru harus memiliki keuntungan mewujudkan nilai-nilai spiritual, emosional, moral, sosial, dan intelektual dalam kepribadian mereka, serta memiliki kekuatan dan pemahaman sains, teknologi, dan seni di bidang yang maju. Disiplin berarti bahwa guru harus selalu mematuhi berbagai peraturan dan peraturan karena hati nurani profesional, karena mereka memiliki tugas khusus mendisiplinkan siswa di sekolah. Untuk alasan ini, disiplin guru harus dimulai dengan berbagai tindakan dan perilaku.

 

Sumber : https://materi.co.id/